Breaking News

Pilih Jenis Kambing yang Baik Untuk Bisnis Ternak Kambing

Artikel ini dikhususkan bagi anda yang sedang akan memulai usaha dengan ide berternak kambing. Kali ini saya akan membagi sedikit tips untuk pilih jenis kambing yang baik untuk bisnis ternak kambing anda. Dibaca yah dari awal sampai akhir supaya anda dapat sedikit ide untuk memulai bisnis anda.

Ada banyak jenis kambing di Indonesia ini, namun kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan dari 4 jenis kambing yang tepat untuk anda ternak. Berikut ini ke 4 jenis kambing yang baik :

  1. Kambing Etawa
    Kambing etawa sebetulnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan hasil perkawinan silang antara kambing lokal Indonesia dengan kambing jamnapari yang berasal Kota Etawah, India.

    Perkawinan silang ini dilakukan pada masa penjajahan Belanda dahulu, sekitar tahun 1930-an. Pada saat itu, kambing jamnapari disilangkan dengan kambing lokal berjenis kacang berasal dari Purworejo. Tapi setelah kemerdekaan Indonesia, Presiden Soekarno juga kembali membawa kambing jamnapari ini dari India, namun pada waktu itu disilangkan dengan kambing lokal dari daerah Lumajang.

    Kelebihan dari kambing etawa dari kambing-kambing jenis lainnya adalah postur badannya yang lebih besar dan gempal. Bobotnya untuk yang jantan biasanya mencapai 80 kilogram dan yang betina 77 kilogram saja.

    Selain dagingnya, susu kambing etawa juga banyak diminati. Masyarakat meyakini, kandungan protein dan kalsiumnya tinggi, jadi sehat untuk dikonsumsi, sama seperti susu sapi.
  2. Kambing Jawa Randu
    Kambing yang satu ini merupakan hasil dari perkawinan silang kambing etawa dan kacang. Oleh sebab itu, secara fisik sedikit lebih mirip dengan kambing kacang, tapi memiliki bobot tubuh yang lebih berat.

    Kambing jenis ini juga tidak hanya dimanfaatkan dagingnya saja, tapi juga bisa diperah susunya yang juga banyak manfaatnya. Satu ekor kambing bahkan bisa menghasilkan 1,5 liter susu setiap harinya. Bobot kambing ini bisa mencapai 40 kilogram, dan pas untuk dijadikan hewan kurban atau acara akikah. Seperti di aqiqah Jakarta biasanya menggunakan jenis kambing ini.
  3. Kambing Kacang
    Kambing yang paling banyak dan paling sering dijadikan hewan ternak di negara kita ini adalah kambing berjenis kacang. Kambing ini punya ciri fisik yang kecil bila dibandingkan dengan kambing etawa, tapi dagingnya juga lumayan tebal. Beratnya mencapai 30 kilogram dengan bulu yang tipis di tubuhnya, kecuali bagian dagunya yang berjanggut.
  4. Kambing Gibas
    Kambing gibas juga belakangan ini jadi hewan ternak yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Fisiknya hampir mirip dengan domba karena memiliki bulu yang tebal, sementara bentuk tubuhnya lebih besar seperti jenis kambing etawa.

    Kambing jenis ini bisa diternak di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari pegunungan sampai di daerah beriklim hangat. Bobot maksimal untuk yang jantan bisa mencapai 45 kilogram dan yang betina mencapai 30 kilogram.

Demikian artikel yang berjudul pilih kambing yang baik untuk bisnis ternak kambing yang mungkin sedang anda cari untuk baru mau memulai bisnis tersebut. Semoga dapat membantu teman-teman yang sudah mampir di blog ini.

About Paijo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *