Breaking News

Pentingnya Akuntansi Dalam Bisnis

Siapa yang tidak tahu akuntansi, bidang ilmu yang dianggap matematika, ilmu sosial? Dikatakan demikian sebab akuntansi menuntut seseorang harus pintar mengolah angka, lebih tepatnya menghitung keuangan.

Tidak selalu soal angka, akuntansi juga mempelajari berbagai teori keuangan. Bagi perusahaan sendiri, peran akuntansi merupakan inti dari bisnis sebagai tempat untuk mengelola keuangan dan data keuangan perusahaan.

Profesi akuntansi sangat diminati dimana-mana, terutama di dunia bisnis. Minimnya pengetahuan tentang akuntansi sebagai penunjang bisnis bisa berakibat fatal.

Kurangnya pengetahuan tentang keuangan dalam bisnis dapat menyebabkan perusahaan runtuh bahkan sebelum berkembang. Untuk mempelajari lebih dalam lagi seputar peran akuntansi dalam perencanaan dan pengembangan bisnis atau usaha, lihat penjelasan dibawah ini.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran para pelaku usaha baik usaha kecil, menengah hingga besar. Hingga sekarang ini sudah banyak kantor akuntan yang buka untuk membantu para pelaku usaha sebagai konsultan seputar keuangan mereka. Untuk itu, bisnis jasa akuntan sangat banyak dicari dimasa sekarang ini.

Mengapa Akuntansi Diperlukan dalam Bisnis?

Terlepas dari bisnisnya, kecil atau besar, semuanya membutuhkan pembukuan keuangan. Alasan utama akuntansi diperlukan dalam bisnis adalah untuk mengidentifikasi data keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan dalam bisnis.

Keputusan ini berkaitan dengan menjalankan bisnis di masa depan dan keputusan pengembangan bisnis yang berkelanjutan berdasarkan data keuangan aktual.

Alasan lainnya adalah akuntansi memberikan informasi keuangan yang tentunya berguna bagi pihak terkait atau pemangku kepentingan, baik secara internal maupun eksternal. Berdasarkan informasi tersebut, perusahaan dapat mengambil tindakan yang efektif atau alternatif dalam menjalankan bisnis dan perkembangannya.

Fungsi Akuntansi didalam bisnis

Akuntansi pada dasarnya membantu bisnis mengelola berbagai keuangan, yang tentunya diperlukan bagi seorang pebisnis.

Tanpa pengelolaan yang baik atas kondisi keuangan perusahaan, termasuk perencanaan dan pengembangan bisnis, bisnis tidak akan bertahan lama. Fungsi akuntansi dalam bisnis tentunya sangat besar, sehingga keberadaannya sangat diperlukan.

  1. Pertimbangan Bisnis Dasar
    Adanya pembukuan membantu para pelaku bisnis untuk menemukan berbagai informasi mengenai transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Dimulai dengan inventaris, kewajiban dan aset dirinci dengan akuntansi dalam bisnis. Informasi ini diperhitungkan dan bagaimana perusahaan menentukan faktor produksi yang dibutuhkan dan data keuangan lainnya.
  2. Perencanaan, pengendalian dan pengawasan persediaan barang
    Fungsi dan peran akuntansi bisnis adalah untuk memudahkan pelaku bisnis dalam mengawasi dan mengontrol persediaan. Akuntansi juga memungkinkan perusahaan untuk merencanakan dan memproyeksikan bisnis masa depan, baik bulanan maupun tahunan. Ini adalah dasar untuk pengembangan bisnis yang efektif dari perencanaan yang benar berdasarkan laporan akuntansi.
  3. Tentukan untung dan rugi bisnis
    Fungsi akuntansi lainnya dalam sebuah bisnis adalah untuk menentukan untung dan rugi yang akan dialami bisnis tersebut dalam menjalankan usahanya. Meskipun rencana yang solid tidak berarti bisnis selalu berjalan dengan aman, ada banyak kendala di luar rencana tersebut. Untuk mengetahui laporan laba rugi perusahaan, keberadaan akuntansi sangat diperlukan.
  4. Informasi keuangan perusahaan
    Memiliki akuntan dalam suatu bisnis atau perusahaan akan dengan mudah memperoleh informasi mengenai kas dan aset yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan keuangan dengan informasi keuangan dari perusahaan diperlukan untuk berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, seperti manajer dan pemerintah. Ini adalah dasar untuk mengambil keputusan tentang perusahaan yang bersangkutan.
  5. Alokasi keuangan
    Pengeluaran dan pendapatan yang tidak terkendali dapat menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Kontrol keuangan yang buruk mencegah perusahaan mencapai tujuannya. Untuk itu, akuntansi hadir untuk memeriksa keuangan dan mengalokasikan keuangan dengan tepat agar kondisi keuangan selalu stabil. Alokasi keuangan membantu perusahaan mencapai tujuan mereka.
  6. Alat evaluasi bisnis
    Fungsi akuntansi lainnya dalam bisnis adalah sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Melalui laporan keuangan, perusahaan dapat melihat kekurangan-kekurangan yang telah dilakukan perusahaan sehingga dapat diperbaiki pada periode berikutnya.

Demikian artikel ini dibuat untuk sedikit pengetahuan bagi anda pada seputar pentingnya akuntansi dalam bisinis kecil hingga besar.

About Paijo

Check Also

5 Buku Bisnis Terbaik Untuk Pengusaha

Anda dapat membeli perlengkapan tersebut oleh murah di internet ataupun toko kecantikan. Profesi di sini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *